Ton futur dépend de tes rêves | Masa depanmu tergantung pada impian"mu

Sabtu, 21 April 2012

Apel




Apel, atau yang disebut juga dalam bahasa Latin Malus Domestica merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari daerah Asia Barat dengan iklim sub tropis. Di Indonesia apel telah ditanam sejak 1934 hingga saat ini.
Ragam buah apel
Apel ini memiliki jenis, warna, bentuk, ukuran, tekstur serta rasanya khas jika dikonsumsi sebagai buah mentah, jus atau sebagai bahan makanan penutup. Selain itu, kita tidak sulit untuk menemukannya di pedagang buah. Oleh karena itu, apel banyak disukai orang.
Lalu bagaimana dengan kandungan dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Sudahkan anda mengetahuinya?. Sebenarnya apel memiliki banyak sekali manfaat. Namun, masih sedikit orang yang mengetahui tentang ini.



Apel memiliki banyak kandungan baik bagi tubuh. Berikut ini adalah uraian singkat tentang kandungan baik yang terdapat pada buah apel;
1.        Kaya Vitamin, beberapa vitamin yang terdapat dalam buah apel misalnya vitamin A, Vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C.
2.        Kaya Mineral, mineral yang terdapat dalam buah ini antara lain adalah kalsium, magnesium, mangan, potasium, zat besi, dan zinc.
3.        Kaya serat, serat apel baik untuk orang yang sedang dalam program diet. Hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat dan serat juga berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang. Pektin (serat larut) dalam apel tidak hanya bermanfaat menurunkan kolesterol, namun dapat mengikat logam berat, seperti timbal dan merkuri, dan mengeluarkannya dari tubuh. Kedua jenis serat dalam apel (larut dan tak larut) dapat berfungsi sebagai pelindung munculnya kanker. Mekanismenya melalui pencegahan konstipasi (sulit buang air besar) sehingga substansi toxic dapat segera dikeluarkan melalui feses. Pektin juga bermanfaat mengatasi diare karena kemampuannya membentuk feses tetap lunak, bulky, dan tidak cair.
4.        Asam Tartar, zat ini dapat menyehatkan saluran pencernaan, karena zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran pencernaan.
5.        Fitokimia, mererupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.
6.        Flavoid, merupakan zat yang berfungsi untuk menurunkan risiko kanker.
7.        Asam D-glucaric, merupakan zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Zat ini juga terdapat di dalam buah apel.
8.        Quercetin, Quercetin merupakan zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar antioksidan sehingga tubuh terasa lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit. Kulit apel mengandung flavonoid yang disebut quercitin. Quercitin ini mempunyai aktivitas antioksidan yang tinggi. Fungsinya adalah mencegah serangan radikal bebas sehingga dapat melindungi tubuh dari kemungkinan serangan kanker. Selain itu, antioksidan dapat mencegah oksidasi LDL sehingga proses aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) dapat dihindari. Efek proteksi apel untuk melawan radikal bebas mencapai puncaknya tiga jam setelah dikonsumsi dan mulai menurun setelah 24 jam.
9.        Flavonoid, adalah sejenis pigmen dalam apel yang berfungsi mempertahankan warna apel. Namun, flavonoid juga mempunyai manfaat mencegah penyakit jantung. Flavonoid tidak hanya terdapat dalam apel, tetapi juga ditemukan dalam teh dan bawang.
10.    Baron, berfungsi mempertahankan jumlah estrogen dalam tubuh seorang wanita.



Mengkonsumsi Apel


Jadi, buah apel memiliki banyak khasiat atau manfaat yaitu diantaranya membuat cepat kenyang dan mengontrol penyakit kencing manis, menurunkan kandungan kolesterol, mencegah pikun di usia senja, melindungi paru-paru dan mencegah asma, melawan kanker, mencegah diabetes, mengurangi reriko stroke, mengurangi resiko serangan jantung, melindungi dari sindrom metabolik, meningkatkan daya tahan tubuh, membersihkan gigi, meningkatkan kepadatan tulang dan memperkuat tulang, penetral racun, dan juga memiliki manfaat yang multikompleks lainnya seperti melancarkan pencernaan, memperkuat ginjal, melawan radang serta serta sari buah apel dapat menangkis serangan infeksi virus.


Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar