Ton futur dépend de tes rêves | Masa depanmu tergantung pada impian"mu

Selasa, 07 Oktober 2014

Pelanggaran kode etik :( :/ ?_?



tgl 1 
Seperti rabu sebelumnya di semester ini , saya pergi ke kampus kalimalang dengan menaiki beberapa angkot . Yang pertama saya naik angkot yang  melewati jalan kranji , dan turun di depan pertokoan kranji . Lalu dari situ saya lanjut lagi naik angkot yang arah kalimalang . Saat siang di hari rabu tanggal 1 Oktober ini , angkot pertama yang saya naiki menurunkan saya tepat di depan rambu S coret .

tgl 2
Kamis 2 Oktober . Seperti kamis sebelumnya di semester ini , setiap kamis saya harus ke kampus kalimalang untuk menjalankan amanah sebagai asisten lab . Kamis ini saya berangkat dari rumah sekitar pukul 11 siang . Disepanjang perjalanan , banyak hal yang saya liat . Ketika itu , hal yang mengalihkan pandangan saya adalah saat melawati sebuah masjid yang di salah satu sudut halamannya terlihat ada tiga orang anak kecil berbaju kumel *sepertinya anak jalanan* sedang duduk bercengkrama sambil asik ngerokok .
Masih dalam perjalanan ke kampus . tibatiba sosok anak kecil menaiki angkot yang juga saya naiki . Tidak pingkir panjang , dia naik dan berdendang ala pengamen jalanan . Saya heran , seharusnya di jam itu mereka belajar di bangku sekolahan . Entah apa yang jadi alasannya memilih untuk mengamen ?_?
Menurut saya , dua hal itu melanggar kode etik atauran sosial . Karna seharusnya di jam itu anak-anak berada di lingkungan pendidikan :)

tgl 3 :
Di hari ini , yang menjadi pengamatan saya adalah beberapa mobil yang parkir di bahu jalan depan pasar kranji lama . Sebenarnya bukan kali ini saja pemandangan itu mengusik mata saya . Namun , sepertinya pelanggaran itu sudah menjadi hal yang lumrah disekitar situ :/
oiya , hari ini saya baru sadar kalau beberapa pedagang kurban dadakan membuka lapaknya di dekat penjual makanan . Iyaa , saya baru sadar ketika seorang ibu di dalam angkot bergumam “itu ko jual kambing disamping jual makanan ya ? kan bauu..” .

tgl 4
-   Ada yang menyelak antrian tiket ketika saya sedang mengantri membeli tiket kereta CRL di stasiun kranji .
-   Saya menyebrang di tempat yang tidak seharusnya meski ada jembatan penyebrangan . saya melakukan itu karna banyak orang yang terbiasa menyebrang di situ .
-   Jembatan penyebrangan digunakan untuk berjualan .
-   Tempat duduk priotas yang harusnya di utamakan untuk penumpang lansia, wanita hamil, orang cacat, dan orang-orang yang membawa anak balita justru di duduki oleh anak muda .
-   Banyak orang di gerbong kereta yang seperti berpurapura tidak mengetahui kalau ada salah satu *maaf* orang penyandang cacat yang tibatiba menaiki gerbong itu . Padahal nampak jelas ia berdiri dengan tiga kaki *satu tongkat di lengan kanannya* .
-   Seharusnya lakilaki muda di bangku prioritas itu yang mengalah memberi si difabel duduk , tapi malah seorang wanita yang akhirnya mengalah .

tgl 6 :
Ketika saya pulang dari kampus , saya dan erni mampir ke kranji untuk mencari sesuatu . Naaaah saat kita menaiki anak tangga jembatan penyebrang , kita melihat anak kecil *maaf* pengemis yang entah dengan sengaja atau tidak tiduran di lantai anak tangga jembatan yang kita lewati . Menurut saya , itu bagian dari pelanggaran kode etik . Memanfaatkan jembatan penyebrangan tidak sebagaimana mestinya ..




Notes : Tulisan ini di buat juga dalam rangka penyelesaian tugas tentang pelanggaran kode etik :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar